Universitas Gunadarma merupakan universitas yang berbasis teknologi komputer. Universitas Gunadarma juga banyak memberikan layanan yang bersifat Online, diantaranya adalah : BAAK online, studentsite, UG Open Courseware, Virtual Class, UG Wartawarga, UG Community, dll. Fungsi dari layanan Online itu adalah untuk memudahkan mahasiswa/i mendapatkan informasi tentang aktivitas kemahasiswaannya di Universitas Gunadarma. Dan disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Profil BAAK Online, serta menganalisis fitur-fitur dari BAAK Online.

 

Berikut sedikit penjelasan tentang Profil BAAK Online :

BAAK Online Universitas Gunadarma (http://baak.gunadarma.ac.id) adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :

  1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra).
  2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal.
  3. Bagian Koordinasi Perkuliahan : Sub bagian jadwal kuliah, Sub bagian koordinasi mata kuliah dan penasihat akademik, sub bagian penghubung dan pendamping dosen.
  4. Bagian monitoring kuliah : Sub bagian monitoring kehadiran dosen, dan Sub bagian monitoring keharidan mahasiswa.

 

Berikut ini merupakan fitur-fitur yang terdapat di BAAK Online :

FAQ (UGPEDIA) –> Merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.

Situs SAP (Satuan Acara Perkuliahan) –> Ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.

Situs Jurusan –> Di menu layanan ini mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam lagi tentang jurusan yang diambilnya. Karena di menu layanan ini terdapat pengenalan jurusan, kegiatan & berita, layanan jurusan, pengajaran, dosen, dll.

Kalender Akademik –> Disini mahasiswa dapat mengetahui apa saja kegiatan-kegiatan yang akan diadakan dalam setiap tahun ajarannya.

Jadwal Akademik –> Universitas Gunadarma ternyata juga menyediakan fitur jadwal akademik di BAAK Online ini, benar-benar asik kan! Jadi untuk para mahasiswa/i yang lupa dengan jadwalnya tidak perlu repot-repot untuk melihat di mading kampus, karena sudah ada menu layanannya di BAAK Online ini (jadi lebih praktis kan). Di jadwal akademik ini mahasiswa/i dapat melihat jadwal perkuliahan, jadwal UAS ATA, ujian utama ATA, jadwal Daftar Ulang, dan jadwal pengisian KRS.

Info Mahasiswa –> Mahasiswa juga dapat mengetahui tentang infonya masing-masing (Nopend, NPM dan Jurusan) di menu layanan ini, mahasiswa dapat mencari informasinya dengan hanya menuliskan nama atau kelasnya.

Daftar Kelas Baru –> Di fitur ini juga hampir sama dengan info mahasiswa. Hanya tinggal menuliskan Nama, NPM, atau Kelas, mahasiswa akan dapat mengetahui Kelas Baru untuk menjalankan kegiatan kuliahnya.

Buku Pedoman –> adalah fitur yang didalamnya terdapat beberapa file yang berformat (.pdf) untuk dapat dibaca oleh pengunjung/ mahasiswa. Didalam menu layanan Buku Pedoman ini terdapat beberapa file, diantaranya : BUKU PEDOMAN TATA KRAMA DOSEN, BUKU PEDOMAN TATA KRAMA MAHASISWA, BUKU PEDOMAN KEMAJUAN BELAJAR, dll.

News –> di fitur ini terdapat semua berita terbaru yang diterbitkan oleh Universitas Gunadarma.

Info Pelayanan –> di menu layanan ini terdapat 2 sub domain, yaitu Perkuliahan dan Ujian, serta Administrasi Akademik. Di menu Perkuliahan dan Ujian mahasiswa dapat mengetahui tentang  jadwal ujian, jadwal kuliah, pengurusan ujian bentrok, formulir rencana studi, dll (dicantumkan juga syarat-syarat dan info jadwal kuliah/ jadwal ujian). Sedangkan di menu Administrasi Akademik mahasiswa dapat mengetahui prosedur dan syarat-syarat dalam Daftar ulang, Pengecekan Nilai, Pindah Waktu Kuliah, Pindah Jurusan, dll.

Kontak Kami –> adalah menu layanan untuk melaporkan jika ada kesalahan data atau data yang tidak akurat.

Penjelasan diatas mengenai fitur-fitur dari BAAK Online, sekiranya sudah mewakili kelebihan dari BAAK Online. Selain memiliki fitur dan kelebihan, pasti memiliki kekurangan juga dong pastinya :P. Menurut saya kekurangan dari BAAK Online itu hanya ada satu, yaitu :

  • Terkadang sulit untuk mengaksesnya. Apa mungkin karena banyaknya mahasiswa/i yang ingin mengaksesnya juga, atau karena memang webnya sedang down, dan bisa juga sedang dilakukan maintenance.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang fitur-fitur, serta kelebihan dan kekurangan dari BAAK Online. Pada intinyaaa, BAAK Online itu sangat-sangat bermanfaat untuk mahasiswa/i. Karena sajian dari fitur-fitur yang ada didalamnya sangat memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan informasi. Dan untuk kekurangan yang ada di BAAK Online ini, semoga saja Universitas Gunadarma dapat memperbaikinya supaya menjadi yang lebih baik lagi. Terima Kasih :)