Manusia dan tanggung jawab

Sebagai seorang pelajar/mahasiswa pastinya saya mempunyai tugas dan kewajiban. Apapun tugas yang diberikan kepada saya pasti akan saya kerjakan karna itu sudah menjadi tanggung jawab saya sebagai seorang mahasiswa. Saya memberikan tugas itu tepat pada waktunya dan hasilnya nilai yang saya peroleh sangat memuaskan. Saya berharap untuk selanjutkan akan terus seperti ini. Dengan diberikan tugas jadi saya harus bertanggung jawab terhadap tugas saya..

Tanggung jawab, menurut saya hal ini adalah hal sangat sulit untuk dilakukan, karena sesungguhnya tanggung jawab adalah yang berat, kita sama saja menjadi terdakwa dalam hal yang harus kita tanggung dan  jawabkan dengan apa yang harus kita lakukan.  Bagaimanapun manusia tidaka kan mau salah dan disalahkan. Dan tangungjawab ini pun mempunyai banyak sekali macamnya yang diantaranya:

a.tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Hal ini yang kadang kita tidak  tau dan jarang sekali kita bisa mempertanggung jawabkannya. Karena kita selalu menganggap bahwa tanggung jawab terhadap diri sendiri tidaklah sepenting tanggung jawab kita terhadap hal yang lainnya.

b.tanggung jawab  terhadap keluarga

          tanggung jawab kita terhadap keluarga adalah masih tanggung jawab yang bersifat moral dan bersifat menjadi sebuah budaya yang harus kita jaga dan seseungguhnya semua hal memeiliki tanggung jawabnya masing-masing.

c.tanggung jawab terhadap lingkungan Bangsa dan Negara

tanggung jawab yang lingkupnya cukup luas ini adalah tanggunjawab public yang diman kita sebga penerus bangsa wajib dan harus bertanggung jawab atas lingkungan, bangsa dan negra yang harus kita jaga karena sebagai tanggung jawab kita sebga bangsa dan masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah tertentu.

Stiap hal yang kita lakukan juga pasti memeliki pngabdian dan pengorbanan karena nilai kedua itu adalah hal yang mutlak yang harus dilakukan dimana kita ingin mencapai sesuatu harus ada pengorbanan dan pengabdian.