Dalam bab yang satu ini manusia dituntut agar berhubungan dengan sastra karena kita bangsa indonesia maka yang kita gunakan adalah sastra indonesia tentunya.

Disini mempelajari juga bahwa dimana sastra indonesia dikalangan masyarakat saat ini cukup penting karena dengan sastra ,masyarakat  dapat berapresiasi sesuka mereka yaitu dengan menuangkannya dalam bentuk sastra yaitu contohnya prosa dan puisi .

Kebanyakan orang bingung bagaimana cara menuangkan semua kekeluh kesaan atau kegembiraan menggunakan puisi tetapi sebenarnya cara untuk menuangkan semua mood kita ke dalam puisi tidaklah sulit kita hanya membutuhkan pemikiran yang terfokus tentang mood kita sekarang .

Jadi kesimpulannya bahwa menuangkan segala pikiran pada puisi atau prosa tidaklah susah seperti yang dibayangkan . Selain itu puisi juga dapat membantu kita dalam menyelesaikan maslah yang ada karena semua hal yang ingin kita sampaikan dapat tertuang langsung di dalam puisi .

Oleh karena itu ada baiknya mulai sekarang kita menggunakan puisi sebagai penyelesaian maslaah yang ada dan dapat secara langsung bercerita di dalam puisi tersebut karena bahasa yang dikeluarkan oleh puisi akan lebih indah dibandingkan kita memendam rasa yang ada pada diri kita .