Teknologi sudah semakin maju dijaman sekarang kan? pastinyaaa hehe😀, yup disini saya ingin berbagi tips dan cara bagaimana supaya mata kita tidak rusak saat berhadapan dengan komputer. Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali anak-anak, remaja, hingga orang dewasa pun yang sering sekali berinteraksi dengan komputer setiap harinya. Hmm apalagi sekarangpun banyak orang-orang yang hobby bermain game online, taukah kalian kalau orang yang hobby bermain game kebanyakan hampir lupa sama waktu? yupp! menurut fakta sih sebagian besar mereka keasyikan bermain game hingga berjam-jam lamanya demi memperpuas dirinya atas hobby nya itu. Yowess, langsung cekidot aja ke TKP yaa😀 mudah-mudahan tips ini dapat berguna bagi kita semua.

Sebelumnya, tahukah kalian? kalau menatap layar komputer itu tidak hanya menyebabkan kondisi mata menjadi lelah, tapi juga bisa merusak mata kita. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa cara menggunakan komputer yang tepat.

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa cara menggunakan komputer yang tepat :

Menurut sebuah penelitian, layar komputer tidak memancarkan radiasi berbahaya seperti sinar X atau cahaya ultraviolet. Jadi, kelelahan yang biasa terjadi saat menatap layar komputer terlalu lama bukan dikarenakan oleh paparan sinar monitor, melainkan oleh faktor lain, seperti yang dikutip dari lifemojo.

Faktor lain tersebut adalah pencahayaan yang buruk, posisi komputer atau barang lain yang tidak benar. Ketegangan yang berlebihan pada mata atau yang biasa disebut Computer Vision Syndrome dapat mengakibatkan mata gatal atau terasa terbakar, penglihatan ganda atau kabur serta sakit kepala.

Untungnya ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata dari kelelahan dan ketegangan. Hal yang paling utama dan harus dilakukan adalah pengaturan posisi komputer dan pencahayaan.

1. Jauhkan komputer kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari mata Anda. Usahakan agar monitor sejajar dengan arah pandang mata Anda.

2. Miringkan layar monitor ke arah belakang sebanyak 19 hingga 20 derajat. Hal ini berguna untuk mendapatkan jarak pandang yang optimal.

3. Atur cahaya monitor agar tidak terlalu silau atau terlalu redup. Jika cahaya terlalu terang, gunakan filter atau pelindung anti-silau. Jangan lupa untuk mengatur brightness untuk mendapatkan kontras yang tepat antara huruf dan latar belakang. Jika melihat adanya flicker pada layar komputer, sebaiknya segera ganti monitor Anda.

4. Jika diharuskan membaca dokumen yang panjang atau menggunakan komputer dalam waktu yang lama, cobalah untuk menggunakan layar komputer serta ukuran huruf yang lebih besar. Ada baiknya menggunakan layar komputer LCD karena lebih bisa diterima dengan baik oleh mata.

5.  Gunakan kursi yang dapat diatur tinggi-rendah dan senderan punggungnya. Selain itu, gunakan juga alas kerja atau meja yang stabil dan tidak mudah goyah.