Sistem Manajemen Basis Data

Sistem manajemen basis data atau DBMS (database management system)adalah perangkat lunak untuk mendefinisikan, menciptakan, mengelola, dan mengendalikan pengaksesan basis data. Fungsi sistem manajemen basis data saat iniyang paling penting adalah menyediakan basis untuk sistem informasi manajemen.

Tujuan

Tujuan yang dicapai dalam wawancara ini adalah untuk menghetahui apakah Apotek yang berada didaerah Citayam ini menggunakan Sistem Basis Data atau tidak, Dan apabila apotek tersebut menggunakan Sistem Basis Data bagaimana cara perancangan Sistemnya dan Aplikasi apa Saja yang digunakan oleh Apotek tersebut.

 

Berikut adalah pertanyaan yang kami ajukan pada saat wawancara kami kepada ibu Nurhayati, S.Farm yang menjabat sebagai Penanggung Jawab Apotek  yang berada di daerah Citayam tersebut, tepatnya di Jl. Raya Citayam.

  1. Apakah Apotek ini menggunakan Sistem Basis Data / bahasa umumnya, apakah Apotek ini menggunakan kumpulan data yang saling berkaitan dalam mengumpilkan Informasi?
  2. Apabila menggunakan Sistem Basis Data program apa yang anda gunakan ?
  3. Apakah Aplikasi yang anda gunakan sudah memudahkan karyawan dalam melakukan kegiatan apotek?

Dari hasil pertanyaan yang kita utarakan kelompok kami mengambil kesimpulan dari jawaban Ibu Nurhayati,S.Farm, sebagai berikut :

Sistem informasi Apotek

Sistem informasi apotek diperlukan untuk mempermudah dan memperlancar seluruh transaksi yang dilakukan oleh apotek tersebut, baik penjualan pada konsumen maupun pembelian obat dari para supplier. Dengan memakai sistem informasi yang di dasarkan pada DBMS, seluruh operasi dalam apotek bisa berjalan secara lancar dan terecord dalam database apotek, sehingga tidak ada kekeliruan dalam transaksi maupun laporan yang dihasilkan. Sistem informasi apotek memuat semua proses transaksi yang dilakukan oleh apotek, terdapat pula record yang berfungsi sebagai laporan baik laporan penjualan maupun pembelian. Dalam sistem informasi apotek ini, dapat pula diketahui jumlah stock yang tersedia dalam apotek, stock dapat bertambah secara otomatis kalau kita melakukan transaksi pembelian dari supplier, begitupun kalau kita melakukan penjualan pada konsumen maka secara otomatis stock yang ada di warehouse akan berkurang. Itu akan memudahkan kita untuk melakukan stock opname, jadi tinggal kita lihat laporan penjualan dan pembelian kemudian dicocokkan dengan fisik barang. Terdapat pula database supplier, sehingga proses pembelian obat lebih mudah dan berjalan secara optimal. Dimuat pula database langganan, yang bias digunakan untuk melengkapi proses transaksi.

 

Di apotek ini menggunakan rancangan sebuah program aplikasi untuk sistem administrasi penjualan pada Apotek yang dapat menghasilkan laporan-laporan penjualan dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Fox Pro 9.0

Dengan berikut maka proses kegiatan jual beli data di Apotek tersebut dapat dengan mudah untuk diakses dan dapat mudah untuk mendapatkan hasil report, apabila memang dibutuhkan. Untuk saat ini sudah cukup membudahkan, namun apabila nanti memang diperlukan maka kami mungkin akan mengupdate program yang kami pakai.

 

Berikut Adalah tampilan program yang digunakan oleh Apotek tersebut dengan menggunakan Visual Fox Pro :

 

apotek1

 

 

apotek2