Apabila sobat merasa memiliki rasa percaya diri yang rendah, maka di sini saya akan mencoba untuk memberikan beberapa tips untuk meningkatkan kepercayaan diri anda.

Tips Meningkatkan Percaya Diri

1. Gunakan ilmu “seolah-olah”. Jika sobat percaya diri, bagaimana sobat akan ber akting? Bagaimana sobat akan bergerak? bagaimana sobat akan berbicara? Bagaimana sobat akan berpikir? Bagaimana sobat akan menceritakan diri sobat? dengan bertanya sendiri pertanyaan sobat ke diri sobat sendiri maka sobat secara literal di dorong untuk menjawabnya dengan sesuatu yang mengarah pada percaya diri. Kemudian sobat akan ber akting seolah-olah akan percaya diri. Sekarang lupakan sobat sedang ber akting, dan biarkan konsep itu berkembang lama kelamaan sobat pun akan mempunyai perilaku percaya diri.

2. Dalam melakukan sesuatu untuk pertama kali, bayangkan bahwa sobat sudah melakukannya di masa lalu. tutup mata, kemudian bayangkan secara jelas sobat sedang sukses mengerjakan apa yang sedang sobat lakukan untuk pertama kali. pikiran itu tidak tahu perbedaan antara sesuatu yang sudah terjadi atau belum terjadi. Buatlah ia jelas dengan menggunakan semua indra yang sobat punyai.

3. Tampillah serapih mungkin, meskipun anda hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan anda tampil rapih. Sisirlah rambut anda, cucilah muka anda, perbaiki riasan wajah anda, luruskan kerah anda, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi anda. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan anda dan rasa takut anda terhadap penampilan anda.

4. Reka ulang, jika sesuatu terjadi diluar dugaan anda, hal ini cukup mudah menggoyahkan rasa percaya diri anda. Mungkin anda menumpahkan minuman anda, terlambat hadir di sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yang ingin anda ajak bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk “mereka ulang” situasi tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu kejadian menjadi negatif karena persepsi kita sendiri.

5. Bicaralah perlahan, sebuah tips sederhana agar anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika anda bicara terlalu cepat, anda akan merasa tidak enak karena anda sadar anda bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi anda kesempatan untuk memikirkan apa yang anda akan katakan selanjutnya. Jika anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan. Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.

6. Lupakan standar yang ditetapkan orang lain, terlepas dari situasi yang membuat anda mengalami krisis percaya diri, anda bisa membantu diri anda sendiri dengan berpegang pada standar yang anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan anda, dan sekeras apa pun anda mencoba, anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan khawatir jika orang-orang menyebut anda gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang anda miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; anda tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar anda menerimanya.

7. Tatap mata lawan bicara anda, sama halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum anda dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman anda; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri. Menatap sepatu anda atau meja mendorong perasaan anda menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda.