Berhati-hati lah dalam membeli hardware untuk membuat komputer rakitan. Berikut ini hal-hal yang harus kita perhatikan dalam membeli hardware komputer:

 

Casing

Untuk casing, carilah yang mempunyai power supply yang bagus, hal ini penting karena power supply yang kurang bagus akan mempengaruhi kinerja komputer. Tips: carilah casing yang merknya sama dengan power supplynya, contoh casing merk power logic maka power supplynya juga harus bermerk logic. Rekomendasi: Simbada (buat budget menengah).

 

Ram/memory

Carilah yang bergaransi Lifetime, contoh: visipro, v-gen, kingstone.

 

Hardisk (HDD)

Sebaiknya tanyakan pada si penjual dan pastikan bahwa HDD bergaransi resmi (untuk HDD, sulit membedakan mana yang bergaransi resmi, mana yang tidak).  Rekomendasi: Western Digital (WDC).

 

Processor

Untuk processor, carilah yang BOX (ada kotak, fan processor, serta masih disegel), jangan pilih yang TRY (tidak pakai kotak).  Rekomendasi: Merk bebas yang penting BOX.

 

Motherboard

Untuk motherboard, carilah motherboard yang bergaransi resmi. Ciri-cirinya ada sticker  ASTRINDO di kotak motherboard dibagian atas.  Rekomendasi saya untuk budget menegah: Asus, Gigabyte dan Intel.

 

Lalu untuk bagian Motherboard, berikut ada hal-hal khusus didalam memilih Motherboard yang terbaik untuk PC rakitan anda :

 

– Harga Terjangkau

– Chipset yang tepat

– Pastikan motherboard mendukung processor Intel

– Mempunyai garansi yang dapat dipercaya

– Perhatikan driver pendukung nya

– Kompatibilitas sistem agar sistem menjadi maksimal

– Referensi produk motherboard

– Kelengkapan motherboard nya